• Sabtu, 20 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 tingkat provinsi Kalimantan Timur berlangsung semarak dan meriah, yang berlangsung di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman, Minggu (22/5/2016) malam.

MTQ Kaltim ke 38 di Tenggarong Kukar di buka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug dilanjutkan sirine oleh Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal, di dampingi Ketua DPRD Kaltim M. Syahrun, perwakilan Pangdan VI Mulawarman, Putra Mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Surya Adiningrat, Ketua DPRD Kukar Salehudin S.Sos, Bupati Kukar Rita Widyasari, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama provinsi Kaltim Saifi, Ketua MUI Kaltim Hamri Haz, Ketua LPTQ Kaltim dan Ketua LPTQ Kukar Edi Damansyah.

Rangkaian kegiatan dimulai defile kafilah seluruh daerah, laporan Ketua panitia MTQ Kaltim, sambutan Kepala Kanwil Kemenag Kaltim, penyerahan piala bergilir dari juara MTQ tahun lalu oleh Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail kepada Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal dan selanjutnya diserahkan kepada Bupati Kukar Rita Widyasari selaku Ketua Panitia penyelenggara untuk kemudian diperebutkan kembali.

Dalam pembukaan MTQ ini juga sekaligus pencanangan program Pemkab Kukar, yakni Gerakan Gemar Mengaji, berupa Perbup dan Al qur’an kepada tokoh masyarakat Kukar.

Ketua Umum Panitia Pelaksana MTQ Kaltim ke 38 Rita Widyasari dalam laporannya mengatakan, kafilah yang mengikuti MTQ kali ini berjumlah 1.104 orang, jumlah peserta yang akan ber Musabaqoh sebanyak 334 orang, jumlah cabang Musabaqoh yang dilombakan sebanyak 21 cabang, Dewan Hakim sebanyak 68 orang dan panitera 14 orang, serta ada 8 arena lomba dan 12 Hotel penginapan kafilah dan dewan hakim.

"Dalam MTQ kali ini panitia juga menyediakan Stand Bazar 10 Kabupaten/Kota di Tugu Monumen Pancasila dan stand bazar UKM serta pameran kiswah di pulau kumala, "Ujarnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kaltim Mukmin Faisyal dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ kali ini terasa istimewa, karena berlangsung di bulan Sya’ban yang penuh berkah, “Setelah Sya’ban kita memasuk bulan suci Ramadhan dimana bulan diturunkannya kitab suci Al Qur’an, oleh Allah SWT melalui malaikat Jibril untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW, “ tuturnya.

Mikmin faisyal juga mengapresiasi Pemkab Kukar karena mampu menunjukkan tanggung jawabnya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat provinsi Kaltim ke 38 di Tenggarong Kukar dengan baik.

"Semoga dalam MTQ kali ini kita mendapatkan Qori-Qori’ah terbaik untuk mewakili Kaltim pada MTQ Nasional 2016 di Mataram NTB 30 Juli-6 Agustus 2016 mendatang, " pungkasnya. (one)

Pasang Iklan
Top