• Kamis, 25 April 2024
logo
DPRD Provinsi Kalimantan Timur

Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara



Sekitar 120 pelajar tingkat SMA/SMK dan Mahasiswa Kutai Kartanegara, Selasa (29/3) kemarin mengikuti Tes Psikologi yang dilaksanakan Polda Kaltim kerjasama dengan Polres Kukar, diruang Catur Prasetya, Mapolres Kukar.

Kapolres Kukar AKBP Handoko melalui Kabag Sumda Kompol Winarto mengatakan Kegiatan Psikologi ini dilakukan untuk anggota Polres Kukar yang terutama bagi pemegang Senpi namun di coba terapkan kepada siswa agar nanti saat tes tidak kaget ataupun canggung saat menghadapi tes tersebut.

"Kebetulan kegiatan Psikologi untuk anggota Polres Kukar jadi sekalian kami terapkan untuk mengenalkan contoh atau jenis soal yang di tanyakan pada saat tes nanti dan pemberian tes kepada calon siswa ini baru pertama kali dilakukan di Polres Kukar." ujarnya

Tidak hanya itu para calon anggota Polri ini juga diberikan pembekalan dan pengenalan dasar tingkat awal dalam Tes Psikologi ini untuk menjadi anggota Polri serta memberikan sedikit materi, karena untuk lolos menjadi anggota Polri ada beberapa tahapan yang harus ditempuh salah satunya iyalah Tes Psikologi, salah satu sarat lulus menjadi anggota Polri ialah tes Psikologi, jadi biar mereka tidak kaget dan mau belajar teknik atau contoh soal dalam ujian tes psikologi untuk menjadi seorang Polisi.

Ia juga menambahkan untuk menjadi seorang polisi bukan sekedar kesempurnaan fisik melainkan salah satu yang mutlak iyalah harus mampu lulus dalam tes Psikologi dan matang secara kejiwaan maupun secara intelektual, .

"Untuk menjadi seorang anggota Polri para siwa harus matang secara kejiwaan dan intelektual serta mampu diatas rata-rata orang pada umumnya."katanya.

Ada pun maksud tujuan dari pemberian tes dasar ini merupakan rencana dari Polres Kukar agar para calon yang berasal Wilayah Kutai Kartanegara mendapatkan kouta yang lebih besar dari tahun sebelumnya,

"Ini merupakan program dari Polres Kukar untuk menjaring Calon Polri khususnya dari Kukar yang dapat lolos menjadi polri semakin banyak, bukan sekedar lolos melainkan memiliki kemampuan yang diatas rata-rata dan Alhamdulillah dengan kegiatan ini para peserta yang rata rata masih pelajar sangat antusias untuk mengikuti Tes Psikologi, terlihat dari jumlah yang hadir," paparnya. (kr3)

Pasang Iklan
Top